10 Tips Traveling ke Luar Negeri untuk Pemula



Jika kamu akan travelling ke luar negeri untuk pertama kalinya, ada beberapa tips menarik yang perlu kamu ketahui. Mulai dari kesehatan dan keamanan, keuangan, hingga tips untuk packing agar tidak mengalami kehilangan ataupun kelebihan beban saat di bandara. 

Berikut adalah 10 tips travelling ke luar negeri untuk pemula. 

1. Surat Dokter dan Asuransi 

Jika kamu ingin ke Eropa ataupun Amerika, kamu diwajibkan memiliki asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Penting juga untuk melakukan vaksinasi atau minimal kamu berkonsultasi ke dokter pribadi jika kamu ingin ke luar negeri untuk pertama kalinya. Terutama jika kamu memiliki beberapa penyakit tertentu. Ada baiknya kamu mengkonsultasikan rencana keberangkatan kamu ke luar negeri kepada dokter. 

2. Fotokopi paspor 

Jangan sepelekan untuk tidak memfotocopy paspor kamu. Gandakan dokumen tersebut sebagai cadangan jika paspor kamu hilang rusak ataupun tertinggal. Kamu bisa menyimpan beberapa kopinya di dalam hotel atau di tempat kamu menginap. Pisahkan antara paspor yang asli dengan fotokopinya. Sehingga jika sewaktu-waktu bilang kamu masih menyimpan fotocopynya dengan aman. Jangan sampai kamu kehilangan data diri Terutama ketika kamu ingin kembali ke tanah air. Setidaknya kamu masih memiliki cadangan berupa fotokopi untuk menunjukkan kewarganegaraan kamu yang asli. 

3. Informasikan ke kedutaan terdekat 

Jika kamu berangkat ke luar negeri misalnya ke negara Eropa atau Amerika ada baiknya kamu memberikan informasi kepada ke kedutaan terdekat. Biasanya kedutaan memiliki informasi terbaru yang perlu diketahui oleh wisatawan yang datang dari tanah air. Agar tidak terjadi masalah apa-apa raja di negeri orang lain ada baiknya kamu langsung mengunjungi kedutaan besar setidaknya untuk menginformasikan keberadaan kamu jika kamu berada di luar negeri dalam waktu yang panjang. 

4. Daftarkan sim card dan kartu kredit sebelum berangkat 

Ke luar negeri melakukan pendaftaran sim card atau kartu kredit sebelum berangkat ke luar negeri. Dengan melakukan pendaftaran kamu akan tetap bisa menggunakan SIM card kamu atau Kartu kredit kamu di luar negeri. Kecuali jika kamu memang tidak berencana menggunakan sim card kamu dan berasal dari tanah air. Namun sebaiknya kamu mengaktifkan Kartu kredit kamu karena di luar negeri lebih banyak menggunakan transaksi non tunai dibandingkan menggunakan transaksi tunai. 

5. Beli tiket tempat wisata secara online 

Jika kamu ingin ke salah satu tempat wisata di luar negeri ada baiknya kamu membeli tiketnya secara online terlebih dahulu di tanah air. Biasanya ada beberapa agen yang ditunjuk secara resmi sehingga kamu tidak perlu membeli tiket On The Spot. Keuntungannya lagi kamu bisa mendapatkan tiket lebih murah dibandingkan harus membelinya langsung di tempat. Misalnya jika kamu ingin ke Universal Studio Singapore, lebih baik membeli tiket saat berada di tanah air daripada harus membelinya langsung saat tiba di tempat. Cek pula promo tiket pesawat Sriwijaya jika kamu berencana wisata ke daerah timur Indonesia. 

6. Bawa travel adaptor 

Meskipun sepele namun hal ini sangat penting terutama jika kamu ke luar negeri. Tidak semua colokan listrik di luar negeri sama dengan di Indonesia. Untuk itu salah satu hal yang paling penting untuk kamu bahwa adalah travel adaptor yang memiliki berbagai macam colokan untuk di berbagai negara. Pastikan juga voltase yang digunakan oleh alat elektronik kamu sesuai dengan ketentuan yang diatur di luar negeri yang sungkan untuk bertanya kepada orang lain atau petugas hotel saat kamu melakukan online booking hotel lebih awal di tanah air. 

7. Siapkan pakaian cadangan lebih banyak 

Satu hal yang perlu kamu perhatikan adalah cuaca. Jangan sampai kamu salah kostum. Beberapa negara di Eropa memiliki empat musim. Jadi, sesuaikan pakaian yang kamu bawa dengan musim atau cuaca yang sedang berlangsung di negara tujuan. Siapkan juga pakaian cadangan beberapa potong Untuk kondisi darurat. 

8. Pahami aturan bagasi pesawat 

Penumpang hanya diizinkan membawa dua tas ke dalam kabin yaitu koper berukuran 18 inchi sampai dengan 20 inchi dengan berat tidak lebih dari 7 kg dan 1 tas kecil yang bisa dijinjing. Pastikan juga mengemas cairan seperti parfum pasta gigi dan deodorant tidak lebih dari 100 ml dalam tempat yang terpisah namun disatukan dalam kantung yang tidak lebih banyak dari 1 liter. 

9. Kumpulkan informasi sebanyak banyaknya 

Riset adalah salah satu hal yang harus kamu lakukan sebelum berangkat ke luar negeri. Kamu bisa membaca banyak ulasan beberapa traveler yang pernah ke negara yang sama. Kamu juga bisa bertanya pada komunitas traveler ataupun Komunitas Backpacker internasional melalui sosial media seperti Facebook. 

10. Jangan tunda membeli tiket pesawat 

Saat berangkat ke luar negeri tidak berbeda halnya dengan saat memesan tiket pesawat Sriwijaya di dalam negeri. Untuk mendapatkan harga terbaik kamu harus memesannya Jauh-jauh hari. Jangan sampai memesan ketika sudah mendekati hari keberangkatan. Biasanya tiket pesawat juga menjadi salah satu syarat untuk mengajukan pengurusan visa. Beberapa negara juga mensyaratkan bukti online booking hotel, agar meyakinkan mereka bahwa kamu memang benar-benar di negara mereka.
Share:

1 komentar:

  1. 1 lagi jangan lupa kak, beli asuransi perjalanan online nya di Jagain.com ya. Banyak pilihannya lho kak dan harganya dijamin kompetitif deh, apalagi banyak diskon yang diberikan.

    BalasHapus

IBX5A51C0294A48E

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Featured Post

5 Kegunaan Kartu Kredit Terbaik

Sesuatu yang memiliki kelebihan akan selalu diburu oleh kebanyakan orang. Seperti halnya dengan kartu kredit yang semakin hari, semaki...

Pages